Strategi Pemasaran Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan

Authors

  • Yeni Fitriani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Rumahan, Strategi Pemasaran, Usaha, Industri Rumah Tangga

Abstract

Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan memiliki potensi pasar yang luas, baik di kalangan masyarakat setempat maupun di luar daerah. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, strategi pemasaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan target konsumen yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah kualititatif. Kesimpulan penelitian ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan. Penerapan sistem pemesanan melalui WhatsApp terbukti menjadi salah satu inovasi yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan, meningkatkan kenyamanan, dan memungkinkan pelanggan untuk memesan produk kapan saja dan di mana saja. Selanjutnya, strategi pemasaran berbasis word of mouth terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian. Rekomendasi dari pelanggan yang puas kepada keluarga, teman, atau kolega dapat memperluas jaringan pelanggan.

References

Anggriani, I., & Zoniarti, Z. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Rumahan (Studi Kasus Penggilingan Mie Pak Paidi Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 1507-1522.

Asikin, A., Yunus, R., & Lamusa, F. (2023). Strategi Pemasaran Home Industri Kacandipa Di Desa Sunju Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2), 23-30.

Awaludin, A. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM PRODUK CEMILAN BU ELA DI DESAGEMPOL. Abdimas Galuh, 5(1), 537-542.

Fadilah, R. M., Prasetiyo, A., Handayani, T., Priyanto, E. A., Kharisma, N. B., & Alamsyah, M. F. P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Laba Pada Catering Lestari Tasty. SNHRP, 5, 889-903.

Harahap, S. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Dan Pemasaran Bisnis Rumahan “Buket Novi Sari”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 65-73.

Hermawan, Y. (2022). Strategi Pemasaran Online Usaha Rumahan Untuk Menarik Konsumen (Study Kasus Di Usaha Rumahan Puspa Bakery Yogyakarta). Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 39-45.

Khoiriyah, M. N., Hilda, H., & Diem, M. J. (2024). Strategi Pemasaran Syariah Pada Industri Rumahan Tempe Di Gang Saleh Plaju Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(1), 805-810.

Lestari, D., Al-Butary, B., & Wulandari, S. (2022). Strategi Pemasaran Online Usaha Jamu Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tanjung Siporkis Kec. Galang Kab. Deli Serdang. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(2), 164-167.

Lipursari, L., Trisayuni, H., & Almuna, N. (2022). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Bisnis Online melalui WA Story. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 340-344.

Putri, P. L., & Widadi, B. (2024). Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Bagi Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Bisnis Rumahan di Desa Jipang, Karanglewas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(2), 24-33.

Rahmadiyah, N., & Hafizi, M. R. (2024). Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Industri Rumahan di Kota Palangka Raya. Jurnal Manajemen Dinamis, 2(1), 10-19.

Santi, D., & Giovanni, A. (2023). Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Kripik Tempe. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(2), 217-224.

Susmanto, F. G., Mutiah, R., & Rusmana, F. D. (2024). Implementasi Pengelolaan E-Commerce Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 3(1), 34-49.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Analysis Traditional Market Revitalization For Economic Improvement of Kras Market Kediri. MAR-Ekonomi: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(02), 32-41.

Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Fitriani, Y. (2024). Strategi Pemasaran Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan . ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 23–29. Retrieved from https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/4

Issue

Section

Articles