Konsep Pemasaran Digital dan Konvensional UMKM (Literatur Studi di Kabupaten Mojokerto)
Keywords:
Pemasaran, Digital, Konvensional, UMKMAbstract
UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya adalah pemasaran produk mereka. Dalam menghadapi tantangan ini, penting bagi pelaku UMKM untuk memahami dan memanfaatkan berbagai metode pemasaran yang ada, baik itu pemasaran konvensional maupun digital. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Kesimpulan penelitian ini. Kesimpulan atas pemasaran digital terbukti lebih efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan bagi UMKM di Mojokerto, terutama untuk menjangkau konsumen di luar daerah lokal. Namun, pemasaran konvensional tetap relevan bagi beberapa UMKM, terutama yang menargetkan pasar lokal dan mengandalkan hubungan pribadi dengan konsumen. Untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, UMKM perlu diberdayakan melalui pelatihan dan pendampingan, baik dalam pemasaran konvensional maupun digital, sehingga mereka dapat memanfaatkan kedua metode ini secara optimal.
References
Febrian, D., & Rahayu, A. A. W. (2023). Sosialisasi pentingnya digitalisasi dalam mengembangkan produk UMKM pada desa Lemahkarya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 5766-5771.
Fauji, R., Khalida, L., & Faddila, S. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Ikan Bandeng Desa Tanjung Pakis Di Masa Pandemi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 1156-1171.
Kartika, R., Afriani, R. I., Hartoko, G., Pratama, R., Safitri, E., & Alhaidar, R. (2024). STRATEGI PEMASARAN DALAM DIGITALISASI UMKM UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI DESA PONDOK KAHURU. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 284-290.
Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, A., Tahirs, J. P., & Alfiana, A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517-526.
Kharisma, D., & Evi, E. (2023). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA PADA WINGKO BABAT PAK SUGITO DI MERBAU-BANYUMANIK. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 22-30.
Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.
Malihah, L., & Sari, A. N. (2024). Peluang dan Tantangan Pada Industri Rumah Tangga Kuliner: Tinjauan Literatur. BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 9(1), 30-40.
Maharani, D. A., & Hasibuan, R. R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DI DESA SUMBANG PURWOKERTO UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN JANGKAUAN PASAR. ABDI MAKARTI, 3(2), 130-141.
Munthe, M. R., & Dewi, P. P. (2024). Penerapan Marketing Mix Dan Digital Marketing Pada Usaha Gula Merah Produksi Desa Dawan Klod. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(2), 3443-3451.
Mulya, M. E., & Sudrartono, T. (2023). Strategi Digitalisasi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Di PT Dwi Putra Langgeng Bandung. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5797-2802.
Putri, R. A., & Riofita, H. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 5(4).
Rahmadani, F., Margareta, D., Juita, V. L., Wardana, R. J., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar (Studi Kasus Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk). WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 7-15.
Ramadhani, N. P., & Rafiah, K. K. (2024). Rancangan Strategi Digital Marketing Berbasis Marketplace Guna Kembali Menembus Pasar. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 3(3), 241-258.
Suprihatin, E. (2023). Strategi Strategi Pemasaran Produk Kredit Konsumer Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (PERSERO) Tbk Kantor Cabang Buah Batu. Jurnal Digitalisasi Akuntansi, 1(2), 7-7.
Sholihah, A. P., Hendrawijaya, A. T., & Hilmi, M. I. (2024). POLA KEMITRAAN PENTAHELIX UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH:(Program Kolaborasi Solo Technopark Bersama Bukalapak). Comm-Edu (Community Education Journal), 7(2), 218-225.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaipudin, L. (2023). Patterns And Concepts Of Teacher Strategies In Forming Student Character In The Technological Era (Analysis Study With A Systematic Literature Review Approach). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(3), 91-101.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.
Widodo, I. N., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2024). Analisis Bauran Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Warung Pecel Madiun Pak Slamet. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1).
Yerizal, Y. (2024). Meningkatkan Kapasitas Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Pelatihan E-Commerce. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(10), 1638-1647.
Zed, E. Z., Kartini, T. M., & Kosim, M. (2023). Pendampingan Strategi Peningkatan Minat Beli Konsumen Melalui Marketing Mix Pada Home Industri Bolu Kijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 109-115.