https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/issue/feedALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat 2025-01-03T00:00:00+00:00Latif SyaipudinLatif12syai@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat</strong> published by Hellow Pustaka Publisher in collaboration with Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Anwar Mojokerto. This scientific journal has a scope of Community Empowerment Based Economy.</p> <p><strong>ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat</strong> is a scientific journal that studies community-based economics, looking at economic facts that must continue to develop in micro and small economic activities, micro, small and medium activities, creative economy, home economy.</p> <p>Scope: Community Empowerment in the fields of Retail and Wholesale Business, Home Industry, MSME Scale Business, Creative Economy, Village Tourism, Tourism Economy, Sharia Economics, Household Business and MSMEs, Community Economy, Risk Management, Business and Management, Home Online Business.</p> <p>This Scientific Journal is published twice a year in January and July</p>https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/1Strategi Bauran Pemasaran 4P Industri Rumah Tangga dalam Digitalisasi Pasar2024-11-25T00:02:06+00:00Siti Nur FadillahDillasiti123@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini guna mengetahui strategi bauran pemasaran 4P industri rumah tangga dalam digitalisasi pasar. Penelitian ini berfokus bagaimana masing-masing elemen 4P diterapkan oleh pelaku industri rumah tangga dalam memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan daya saing di era pasar modern. Serta dampak digitalisasi terhadap keberhasilan implementasi strategi 4P. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran 4P dalam digitalisasi pasar memberikan peluang besar bagi pelaku industri rumah tangga untuk meningkatkan daya saing, dengan menyesuaikan produk, menetapkan harga yang kompetitif, memilih saluran distribusi yang tepat, dan melaksanakan promosi yang efisien melalui media sosial dan e-commerce. Penyesuaian produk dengan tren pasar dan kebutuhan konsumen digital, strategi harga fleksibel, serta pengoptimalan platform distribusi menjadi kunci sukses di pasar digital.</p>2024-11-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/2Pemasaran Digital Tik Tok dalam Bisnis Online All Shop Home’s Mojokerto 2024-11-25T00:23:45+00:00Siti Nur KholifahLipahhh22@gmail.com<p>Kunci utama dalam memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran digital. Konten yang menarik dan unik dapat meningkatkan daya tarik audiens serta menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi audiens. Bisnis seperti All Shop Home’s Mojokerto dapat menggunakan TikTok untuk menampilkan produk audiens dengan cara yang lebih personal, seperti melalui video tutorial, ulasan produk, atau bahkan cerita pendek yang menggambarkan manfaat produk. Metode yang digunakan adalah kualititatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa TikTok telah menjadi platform yang sangat efektif bagi All Shop Home’s Mojokerto dalam meningkatkan visibilitas merek dan engagement audiens. Melalui konten kreatif, pemanfaatan fitur TikTok seperti hashtag populer, tren viral, dan live streaming, All Shop Home’s Mojokerto berhasil menarik perhatian konsumen, khususnya dari kalangan muda. Strategi yang diterapkan tidak hanya meningkatkan pengenalan merek tetapi juga berkontribusi pada peningkatan penjualan produk dengan biaya pemasaran yang efisien. </p>2024-11-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/3Konsep Pemasaran Digital dan Konvensional UMKM (Literatur Studi di Kabupaten Mojokerto) 2024-11-25T00:55:21+00:00Lukman HakimAhmadluth87@gmail.comAhmad LuthfiAhmadluth87@gmail.comArwini HasyimAhmadluth87@gmail.com<p>UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya adalah pemasaran produk mereka. Dalam menghadapi tantangan ini, penting bagi pelaku UMKM untuk memahami dan memanfaatkan berbagai metode pemasaran yang ada, baik itu pemasaran konvensional maupun digital. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Kesimpulan penelitian ini. Kesimpulan atas pemasaran digital terbukti lebih efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan bagi UMKM di Mojokerto, terutama untuk menjangkau konsumen di luar daerah lokal. Namun, pemasaran konvensional tetap relevan bagi beberapa UMKM, terutama yang menargetkan pasar lokal dan mengandalkan hubungan pribadi dengan konsumen. Untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, UMKM perlu diberdayakan melalui pelatihan dan pendampingan, baik dalam pemasaran konvensional maupun digital, sehingga mereka dapat memanfaatkan kedua metode ini secara optimal.</p>2024-11-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/4Strategi Pemasaran Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan 2024-11-25T01:05:50+00:00Yeni FitrianiYenifitriani99@gmail.com<p>Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan memiliki potensi pasar yang luas, baik di kalangan masyarakat setempat maupun di luar daerah. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, strategi pemasaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan target konsumen yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah kualititatif. Kesimpulan penelitian ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bisnis Bakso Rumahan Mbak Sum di Desa Latukan Karanggeneng Lamongan. Penerapan sistem pemesanan melalui WhatsApp terbukti menjadi salah satu inovasi yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan, meningkatkan kenyamanan, dan memungkinkan pelanggan untuk memesan produk kapan saja dan di mana saja. Selanjutnya, strategi pemasaran berbasis word of mouth terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian. Rekomendasi dari pelanggan yang puas kepada keluarga, teman, atau kolega dapat memperluas jaringan pelanggan.</p>2024-11-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat https://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/5Konsep Bisnis Industri Rumah Tangga Perspektif Teori Hubungan Manusia Elton Mayo2024-11-25T20:09:51+00:00Bachtiar J. HelmyAhmadluth87@gmail.comLatif Syaipudinlatifsyaipudin2022@gmail.comNurrohman HarimulyonoAhmadluth87@gmail.comAhmad LuthfiAhmadluth87@gmail.com<p>Teori hubungan manusia juga menyoroti pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang suportif. Dalam konteks bisnis rumah tangga, hal ini mencakup penyediaan suasana kerja yang nyaman, fleksibilitas dalam pembagian tugas, serta perhatian terhadap kebutuhan emosional pekerja. Langkah-langkah ini tidak hanya mendukung kesejahteraan pekerja, tetapi juga mendorong inovasi dan efisiensi dalam operasional bisnis. Tujuan penelitian ini guna mengetahui konsep bisnis industri rumah tangga dalam perspektif teori hubungan manusia Elton Mayo.Metode yang digunakan adalah literatur review. Kesimpulan penelitian ini. menunjukkan bahwa teori hubungan manusia Elton Mayo dapat menjadi panduan yang efektif dalam mengelola bisnis rumah tangga. Penerapan prinsip-prinsip kesejahteraan emosional, interaksi sosial, komunikasi yang efektif, dan penghargaan terhadap kontribusi pekerja terbukti memberikan dampak positif terhadap produktivitas dan keberlanjutan usaha.</p>2024-11-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat