Strategi Bauran Pemasaran 4P Industri Rumah Tangga dalam Digitalisasi Pasar

Authors

  • Siti Nur Fadillah Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Strategi Pemasaran, Strategi 4P, Industri Rumah Tangga, Digitalisasi Pasar

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui strategi bauran pemasaran 4P industri rumah tangga dalam digitalisasi pasar. Penelitian ini berfokus bagaimana masing-masing elemen 4P diterapkan oleh pelaku industri rumah tangga dalam memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan daya saing di era pasar modern. Serta dampak digitalisasi terhadap keberhasilan implementasi strategi 4P. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran 4P dalam digitalisasi pasar memberikan peluang besar bagi pelaku industri rumah tangga untuk meningkatkan daya saing, dengan menyesuaikan produk, menetapkan harga yang kompetitif, memilih saluran distribusi yang tepat, dan melaksanakan promosi yang efisien melalui media sosial dan e-commerce. Penyesuaian produk dengan tren pasar dan kebutuhan konsumen digital, strategi harga fleksibel, serta pengoptimalan platform distribusi menjadi kunci sukses di pasar digital.

References

Fauji, R., Khalida, L., & Faddila, S. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Ikan Bandeng Desa Tanjung Pakis Di Masa Pandemi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 1156-1171.

Febrian, D., & Rahayu, A. A. W. (2023). Sosialisasi pentingnya digitalisasi dalam mengembangkan produk UMKM pada desa Lemahkarya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 5766-5771.

Kartika, R., Afriani, R. I., Hartoko, G., Pratama, R., Safitri, E., & Alhaidar, R. (2024). STRATEGI PEMASARAN DALAM DIGITALISASI UMKM UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI DESA PONDOK KAHURU. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 284-290.

Kharisma, D., & Evi, E. (2023). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA PADA WINGKO BABAT PAK SUGITO DI MERBAU-BANYUMANIK. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 22-30.

Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.

Malihah, L., & Sari, A. N. (2024). Peluang dan Tantangan Pada Industri Rumah Tangga Kuliner: Tinjauan Literatur. BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 9(1), 30-40.

Munthe, M. R., & Dewi, P. P. (2024). Penerapan Marketing Mix Dan Digital Marketing Pada Usaha Gula Merah Produksi Desa Dawan Klod. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(2), 3443-3451.

Mulya, M. E., & Sudrartono, T. (2023). Strategi Digitalisasi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Di PT Dwi Putra Langgeng Bandung. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5797-2802.

Rahmadani, F., Margareta, D., Juita, V. L., Wardana, R. J., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar (Studi Kasus Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk). WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 7-15.

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 141-152.

Ramadhani, N. P., & Rafiah, K. K. (2024). Rancangan Strategi Digital Marketing Berbasis Marketplace Guna Kembali Menembus Pasar. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 3(3), 241-258.

Suprihatin, E. (2023). Strategi Strategi Pemasaran Produk Kredit Konsumer Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (PERSERO) Tbk Kantor Cabang Buah Batu. Jurnal Digitalisasi Akuntansi, 1(2), 7-7.

Sholihah, A. P., Hendrawijaya, A. T., & Hilmi, M. I. (2024). POLA KEMITRAAN PENTAHELIX UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH:(Program Kolaborasi Solo Technopark Bersama Bukalapak). Comm-Edu (Community Education Journal), 7(2), 218-225.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaipudin, L. (2023). Patterns And Concepts Of Teacher Strategies In Forming Student Character In The Technological Era (Analysis Study With A Systematic Literature Review Approach). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(3), 91-101.

Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.

Widodo, I. N., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2024). Analisis Bauran Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Warung Pecel Madiun Pak Slamet. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1).

Zed, E. Z., Kartini, T. M., & Kosim, M. (2023). Pendampingan Strategi Peningkatan Minat Beli Konsumen Melalui Marketing Mix Pada Home Industri Bolu Kijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 109-115.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Fadillah, S. N. (2024). Strategi Bauran Pemasaran 4P Industri Rumah Tangga dalam Digitalisasi Pasar. ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 01–08. Retrieved from http://altamkin.al-anwar.id/index.php/i/article/view/1

Issue

Section

Articles